13 September 2024

BATIK KHAS KEPOLOREJO "JALAK POLO"

Dibelakang Kantor Kelurahan Kepolorejo tempat pembuatan Kerajinan Batik nampak salah seorang pengrajin batik yang sedang membatik. Beliau adalah Bapak Margono salah satu pengrajin batik Khas Kepolorejo.

Dari beliau terinspirasi menamai batik khas Kepolorejo dengan nama batik "JALAK POLO". 

"JALAK" diambil dari Burung Jalak Lawu yang mempunyai simbol sebagai penolong pendaki yang tersesat atau yang membawa pencerahan. Sedangkan "POLO" adalah adalah pohon Polo yang dahulu banyak tumbuh di Kepolorejo.

Sayangnya dalam memproduksi batik khas Kepolorejo ini terkendala oleh minimnya pengrajin batik. Karena untuk membatik diperlukan skill khusus dan ketelatenan. Selain itu walaupun pemasarannya sudah sampai luar daerah, promosi hanya sebatas menawarkan per person/manual saja tanpa menggunakan media sosial.

Monggo warga Kepolorejo dan sekitarnya kita wujudkan Bangga Batik Kepolorejo dengan menggunakan Batik "JALAK POLO".................................... 

Ada banyak motif dan warna yang tentu saja tanpa meninggalkan ciri khasnya Jalak dan Polo.

 

(Jumat, 13/09/2024)

 

 

DWI SETIYANINGSIH, S.SOS (SEKRETARIS KELURAHAN)    JUWARNI, S.SOS. (KASI PEMERINTAHAN DAN TRANTIB)    DIDIK SUYITNO, SH (KASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)    TRI HARINI SE (KASI KESEJAHTERAAN SOSIAL)    HENI NASTITI (PETUGAS PELAYANAN)    PRAMUDYA EKA T (PERANGKAT)    AJIK TRIYONO (PERANGKAT)    SLAMET WIDODO (PERANGKAT)